Bullying.


"They care too much about everthing in my life.."


Talk about bullying.
To be honest, aku kurang paham apakah dulu aku itu masuk anak korban bullying atau nggak? Yep. Karna ternyata persepsi bullying itu beda-beda gengs. Ada yang verbal dan ada yang non verbal.

Singkat cerita, dimulai dari jaman TK (Yes, kamu nggak salah baca), aku pernah dimusuhin temen-temen CEWE gara-gara badan aku yang bongsor. Jadi dulu aku itu masuknya anak yang tinggi dikelas, jadi mirip tiang listrik gitu. *sekarangmahduametertaksampai wkwk. Apalagi satu hari pernah ada acara sekolah dan semuanya pake dress. Sedangkan aku pake celana kodok (ini gatau deh kenapa dulu mama nggak pakein aku dress, jengkel juga haha) . Dan bener, mereka jadi tambah musuhin aku sampe rasanya nggak mau sekolah. What’s wrong with celana kodok? Hmmm..Bahkan pernah juga dimusuhin sama satu anak cowo karna aku menang juara 1 lomba kelereng (itu loh yang dibawa pake sendok pas 17an). Buset dah, childish banget yak?  Yaiyasih masih TK, tapi dulu aku mikirnya udah “Kok dia gitu sih? Padahal cuma lomba loh” Hmmmm hmmmm hmmmm.. *FYI dia itu anaknya guru TK aku gengs. Jadi mungkin ngerasa kalah saing kali ye, sama anak cewe pula. Yaudahlah..ada beberapa kasus lagi sih tp udah lupa-lupa inget, dah 15 tahun yang lalu cuy!!!

Masuk ke ranah SD. Yep dulu aku pertama masuk SD itu ranking 1 selama beberapa semester. Dan u know what? Temen aku semua muslim, jadinya aku sempet ikut belajar ngaji, ngapalin surat2 dan baca huruf Arab gitudeh (apa sih ya namanya lupa). Deg-degannya nggak karuan ey kalo pas disuruh maju wkwk. (Jadi gurunya itu ga hafal kalo ada 1 murid non muslim gengs, tapi akunya males bilang. Nggak males sih aslinya, takut soalnya gurunya galak wk) Tapi untung, di SD itu temen-temen aku semuanya baik. Pada bantuin, ntr jawabnya gini blabla..

Sayangnya kebahagiaan nggak bertahan lama. Aku dipindahin ke SD lain (yg notabennya mbah aku ngajar disitu, jadi biar enak katanya) *enak dari hongkong! Karna ngerasa kehilangan temen, aku yang dasarnya pendiem dan rada susah bergaul ini jadi nggak punya banyak temen dan males berangkat sekolah. Kelas 1,2,3 masih aman lah walaupun sering bolos dan nilai anjlok HA HA.
Masuk kelas 4 nih, drama yang sesungguhnya baru aja dimulai. (btw entar disini aku juga drama kok, maklum anak SD ye). Tapi ini aku ambil beberapa kasus aja ya yang masih ngebekas dipikiran, yg lain udah rada-rada lupa. Jadi, sempet waktu kelas 4, aku cerita-cerita tuh sama temen aku. Eh guru ini galak ya, suka ngasih tugas dll. Kita ketawa-tawa, cerita2 ttg si guru itu *maafinmuridmuyabuuu..
Eh gataunya besok pagiannya, anak-anak cewe gaada yang ajak ngomong aku. Gatau dong kenapa? Emang eyke salah apa yekan? Sampe waktu pramuka aku gadapet grup gilasih ini parah. Segitunya loh! Eng..ing..eng..Selidik punya selidik, ternyata si temen cewe yang cerita2 sama aku itu blg ke temen2 kalo aku jelek2in gurunya. Busetdahhhhh..sampe berapa minggu nggak ada yang ngajak ngomong loh. Sampe satu hari tu anak-anak nyuratin aku. Bilang kalo aku nggak sopan dll dan mereka nyuruh aku minta maaf ke mereka, padahal ya cuma  bilang galak elah L si temen yg diajak cerita juga iya2 sambil ketawa2 kok L Akhirnya aku putusin buat minta maaf dan masalah selesai.

Lanjut lagi kelas 5 (kalo aku gasalah inget). Disini lagi2 aku dimusuhin dan diancem bakal dilaporin polisi (aku lupa sih tepatnya karna apa, tp it’s not so big deal gengs yakin) Waktu itu aku udah nggak mau bener2 yang namanya berangkat sekolah. Aku disisain meja paling belakang sendiri, dan nggak ada temennya (padahal sebelumnya aku duduk depan sendiri gengs) Ngenes banget! Tapi satu yang bikin aku tetep mau sekolah waktu itu sih. Jadi dari dulu aku dititipin mama buat ngasih es lili ke kantin. Jadi emang udah diajarin kerja dari kecil. Entah itu jualan coklat, jualan es atau jualan kartu2 valentine / lebaran gitu. Bikin sendiri dirumah hehe. Dan emang bener sih, akhirnya they say sorry to me. Karna mereka tau, yang diomongin / dituduhin ke  Aku itu nggak bener (hampir2 lulusan nih baru ngomong gini) Jadi bisa dibayangin kan aku struggling dari kelas 5-6. Posisi mau ujian pula. Dari dalem hati aku maafin kok. Tapi sampe sekarang juju raja belum bisa lupa J

SMP juga pernah sih, tp ga parah-parah banget. Masih bisa ditolerir. J

Intinya gengs, di bully itu nggak cuma dijorokin, dikerjain. Tapi dimusuhin dan didiemin itu juga udah masuk bullying menurut aku. Iya kalo salah beneran gapapa sih, tapi kalo kasusnya karna aku? Bahkan sampe mau dilaporin polisi? Anak SD loh. Jangan sampe deh.
Bully itu bisa kerasa sampe gede. Berbekas. Kan nggak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik. Ada yang emang pemalu, ada yang emang aktif banget anaknya. Lagian buat apa sih ngelakuin kaya gitu? Justru jadi ngerusak hari-hari orang lain yang juga punya cita-cita disekolah.

Mungkin ntar ada temen-temen yang baca, dan mungkin ada juga yang pernah ngalamin. Jangan nyerah! Jangan mau kalah sama sifat dan perlakuan negatif yang ada disekeliling kamu. Introspeksi diri dan buktiin kalo kamu nggak takut sama mereka. Nggak perlu adu otot kok, cukup berani dating kesekolah dan berprestasi. Kalau udah main fisik? Bales atau laporin aja! Nggak baik kok pelihara kebiasaan kayak gitu, nggak ada untungnya biarin mereka menang atas diri kamu. Inget, kamu masih punya Tuhan buat tempat mengadu. Semangat!

Dari seorang anak kecil yang sempat terluka hatinya. J


Komentar

Postingan Populer